-
-

Tuesday, October 25, 2011

Satu Saja Anak Tak Diimunisasi Efeknya Bisa Memicu Wabah


(Foto: thinkstock)Jakarta, Kampanye imunisasi tambahan polio dan campak dimulai serentak Selasa 18 Oktober ini. Menkes berharap semua anak balita ikut imunisasi, sebab jika
masih ada satu saja yang tidak diimunisasi maka anak itu bisa memicu wabah atau Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Ketika ada anak yang tidak diimunisasi, dampaknya tidak hanya dirasakan anak itu sendiri. Anak itu juga berpotensi memicu KLB," ungkap Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih dalam pencanangan Kampanye Imunisasi Tambahan Campak dan Polio di Gedung BKOW, Jakarta Timur, Selasa (18/10/2011).

Menkes mengatakan, anak yang tidak diimunisasi juga bisa membahayakan anak-anak lain yang sudah diimunisasi karena bisa memberi tempat bagi kuman suatu penyakit untuk tumbuh. Pada suatu saat, kuman itu mungkin bermutasi lalu menulari anak lain yang sudah diimunisasi.

Kuman yang sudah bermutasi itu strukturnya akan berubah sehingga anak yang sudah diimunisasi tetap bisa tertular dari yang tidak diimunisasi. Karena itu, Menkes berpesan bahwa semua anak harus diimunisasi agar sama sekali tidak ada tempat bagi kuman untuk tumbuh dan bermutasi.

Kerugian yang harus ditanggung ketika terjadi KLB sangat besar, baik dilihat dari jumlah korban maupun biaya yang harus dikeluarkan.

Menkes mencontohkan, ketika terjadi KLB suatu daerah rata-rata harus mengeluarkan anggaran ekstra Rp 8 miliar dan masih harus ditalangi anggaran dari pusat sebesar Rp 13-14 miliar.

Kampanye Imunisasi Campak dan Polio Gratis Dimulai

Bagi yang ingin mendapatkan imunisasi tambahan campak dan polio, orangtua yang memiliki anak balita bisa mendatangi pusat-pusat layanan kesehatan dasar seperti Puskesmas. Imunisasi ini bisa diperoleh dengan gratis selama kampanye berlangsung yakni 18 Oktober - 18 November 2011, di 17 Provinsi sebagai berikut.

Kalimantan Timur Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Sulawesi Utara Sulawesi Tenggara Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Gorontalo Papua Nusa Tenggara Barat Lampung Jawa Timur Jawa Tengah Jawa Barat DKI Jakarta
Dalam sejarah penyakit menular, dunia pernah melenyapkan satu penyakit yakni cacar. Indonesia sebenarnya juga sudah berhasil melenyapkan polio, namun imunisasi polio masih diperlukan untuk mewaspadai virus polio liar (wild polio virus) dari beberapa negara lain di dunia termasuk India.


up/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons