-
-

Wednesday, October 26, 2011

Radiop, Obat untuk Bantu Diagnosis Sinar-X


(Foto: thinkstock)Jakarta, Deskripsi

Radiop atau agen radiopak adalah obat-obat digunakan untuk membantu mendiagnosa masalah medis tertentu. Obat-obat tersebut mengandung yodium yang dapat menghalangi sinar-X.

Penggunaannya tergantung pada bagaimana agen radiopak akan diberikan, melokalisasi atau dikumpulkan di daerah-daerah tertentu tubuh. Yodium tingkat tinggi memungkinkan sinar-X untuk membuat 'gambaran' dari daerah tersebut.

Daerah tubuh yang telah dilokalisasi dengan agen radiopak akan tampak putih pada film sinar-X sehingga akan menciptakan kontras yang diperlukan untuk membedakan antara satu organ dan jaringan lain. Hal itu juga membantu dokter melihat kondisi-kondisi khusus yang pada suatu organ atau bagian tubuh.

Agen-agen radiopak lokal yang digunakan dalam diagnosis antara lain:
1. Untuk penyakit saluran kencing : Diatrizoates, iohexol, Iothalamate
2. Untuk penyakit uterus dan tuba fallopi : Diatrizoate dan Iodipamide, Diatrizoates, iohexol, Ioxaglate.

Kateter atau jarum suntik dapat digunakan untuk memasukkan cairan radiopak ke dalam kandung kemih atau ureter untuk membantu mendiagnosa penyakit ginjal dan saluran kemih.

Bisa juga ditempatkan ke dalam rahim dan tuba falopi untuk membantu mendiagnosa penyakit organ-organ. Setelah tes dilakukan, pasien membuang cairan radiopak melalui buang air kecil.

Agen radiopak diklasifikasikan sesuai ukuran konsentrasinya atau disebut osmolalitas. Agen dengan osmolalitas rendah lebih baru dan lebih mahal daripada yang tinggi osmolalitasnya. Untuk sebagian besar pasien, agen dengan osmolalitas tinggi adalah pilihan yang baik dan aman.

Ada beberapa pasien yang berisiko besar tubuhnya mengalami reaksi parah terhadap agen radiopak, yaitu pasien dengan riwayat asma atau alergi. Untuk pasien ini, agen radiopak osmolalitas rendah dapat menjadi pilihan.

Dosis

Dosis agen radiopak berbeda untuk pasien yang berbeda dan tergantung pada jenis tes. Kekuatannya ditentukan oleh seberapa banyak kandungan yodium. Tes yang berbeda memerlukan kekuatan yang berbeda dan jumlah larutan tergantung pada usia pasien, kontras yang dibutuhkan, dan peralatan sinar-x yang digunakan.

Untuk tes ginjal dan daerah saluran kemih, jumlah larutan yang akan digunakan tergantung pada ukuran kandung kemih.

Agen radiopak harus digunakan hanya di bawah pengawasan dokter radiologi atau ahli radiologi. Untuk kenyamanan dan untuk hasil terbaik, pasien mungkin diminta buang air kecil dahulu tepat sebelum prosedur.

Efek samping

Perut nyeri dan merasa tidak nyaman Menggigil Demam Mual dan muntah
Sumber: MayoClinic




ir/ir)

email : sales[at]detik.com


detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons