-
-

Friday, July 08, 2011

Rasa Lapar Sulit Dikendalikan Jika Kebanyakan Minum Alkohol


foto: ThinkstockNew York, Berada di bawah pengaruh alkohol membuat orang tak hanya sulit mengendalikan kendaraan bermotor, tetapi juga rasa laparnya. Akibatnya keinginan untuk makan atau mengunyah sesuatu meningkat sepanjang waktu, meski sebenarnya tidak lapar.

Pakar obesitas asal New York, Dr Howard Shapiro menyebut kondisi ini sebagai Eating Under Influence (EUI) alias makan di bawah pengaruh alkohol. Rasa lapar yang sulit dikendalikan ini membuat orang seperti sedang makan dalam kondisi tidak sadar.

Ketika kadar alkohol di dalam darah meningkat, pengaturan kadar gula darah dalam tubuh terganggu. Salah satu mekanisme yang terkena dampaknya adalah pengiriman sinyal rasa lapar ke otak, meski sebenarnya gula darah masih tinggi dan belum butuh makan.

Dalam kondisi lapar, maka otak akan mengirimkan sinyal berupa rasa lapar agar seseorang akan segera mencari makanan untuk meningkatkan kadar gulanya. Secara naluriah ketika butuh gula, maka orang akan mengonsumsi makanan yang manis-masing dan tinggi kalori.

Karena sebenarnya tidak sedang dibutuhkan, gula yang berasal dari pemanis maupun karbohidrat akan menyebabkan kelebihan kalori di dalam tubuh. Salah satu cara menyimpan cadangan kalori adalah dengan mengubahnya menjadi lemak, sehingga secara tidak langsung alkohol memicu kegemukan.

Bukan asupan kalorinya saja yang meningkat akibat alkohol, metabolisme atau pembakaran kalori juga akan melambat. Makan di bawah pengaruh alkohol membuat tubuh harus memetabolisme 2 hal dalam waktu bersamaan, yakni karbohidrat sekaligus alkohol.

Alkohol perlu dimetabolisme agar bisa dikeluarkan, karena tidak mungkin disimpan terlalu lama di dalam tubuh. Karena tubuh sibuk memetabolisme alkohol, maka metabolisme karbohidrat dan gula terhambat dan memicu penumpukan kalori dan lagi-lagi hal ini bisa memicu obesitas.

Meski begitu, Dr Shapiro tidak melarang seesorang untuk mengonsumsi alkohol sama sekali. Dikutip dari Foxnews, Kamis (7/7/2011), ia cuma menyarankan untuk menghindari alkohol selama 1-2 pekan jika ingin merasakan keberhasilan diet untuk menurunkan
(up/ir)



detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons