-
-

Monday, October 03, 2011

Gas Pemicu Efek Rumah Kaca Jadi Obat Antialergi


foto: ThinkstockJakarta, Selama ini, gas karbondioksida selalu dikaitkan dengan pemanasan global karena memicu efek rumah kaca. Bukan cuma bisa merusak lingkungan, dalam dosis tertentu gas beracun ini bisa dimanfaatkan sebagai obat alergi yang cukup efektif.

Reaksi alergi yang ditandai dengan bersin-bersin, hidung tersumbat dan mata berair biasanya diobati dengan semprotan steroid. Obat tersebut cukup efektif, hanya saja kerjanya relatif lambat karena butuh jeda 2-3 hari sebelum efeknya bisa dirasakan dengan optimal.

Sebagai alternatifnya, para ilmuwan dari Creighton University di Nebraska menciptakan obat semprot lainnya, dengna bahan dasar gas karbondioksida (CO2). Gas ini dikenal sebagai sisa pembakaran bahan bakar fosil, atau bahan lain yang mengandung karbon.

Tidak disebutkan berapa dosis yang digunakan dalam obat semprot baru ini, namun dikatakan dosisnya cukup tinggi dan hanya perlu disemprotkan selama 10 detik ke hidung. Meski begitu, efeknya langsung terasa dalam 30 menit berikutnya dan akan bertahan hingga 4 jam.

Dosis tinggi selama 10 detik terbukti paling efektif dibanding 2 takaran lain yang dicobakan terhadap 348 orang dewasa yang menjadi partisipan uji coba. Dosis lain yang dicobakan adalah dosis rendah selama 30 detik, serta dosis tinggi selama 30 detik.

Cara kerja gas karbondioksida dalam mencegah reaksi alergi sebenarnya belum diketahui pasti dalam penelitian itu. Namun seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (29/9/2011), diduga gas karbondioksida dapat menghambat pelepasan senyawa calcitonin yang merupakan pemicu reaksi alergi di saluran napas.

Temuan ini cukup menarik karena selama ini karbondioksida selalu dilihat sisi negatifnya antara lain memicu pemanasan global. Selain itu, gas yang dihasilkan oleh sisa pembakaran ini juga bisa menyebabkan peningkatan denyut nadi dan tekanan darah, serta menyebabkan pusing-pusing dan rasa kantuk.


up/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons