-
-

Friday, September 23, 2011

95 Persen Anak SD di Bangka Giginya Berlubang


Ilustrasi (Foto: thinkstock)Bangka, Akibat tingginya kadar asam (pH rendah) dalam air dan kandungan flour yang rendah, sekitar 95 persen anak-anak SD di Bangka diketahui mengalami karies gigi (gigi berlubang atau keropos).

"Sekitar 95 persen murid SD karies gigi akibat pH air dan kandungan flour yang rendah," ujar Kepala Dinkes Bangka drg Mulyono Susanto di Puskesmas Sungailiat, Bangka, Senin (19/9/2011).

drg Mulyono menuturkan hal tersebut dikarenakan memang kondisi geografis dari daerah ini. Selain itu air yang digunakan juga berasal dari tadahan hujan yang diketahui mengandung nilai pH rendah. Jika gigi semakin sering terkena asam, maka ia akan menjadi keropos.

"Dalam pasta gigi biasanya terkandung flour untuk melindungi gigi, kondisi disini kandungan flournya kecil, jika biasanya 1 ppm maka disini hanya 0,1 ppm," ujar drg Mulyono.

Untuk mencegah banyaknya anak yang mengalami karies gigi, maka pemerintah pun melakukan berbagai tindakan pencegahan yaitu melalui program Fit For School dan juga Pusling.

Pada program Fit for school ini, setiap minggunya anak-anak SD kelas 2 harus menyikat gigi dan ditunggui atau diawasi oleh guru. Peralatan seperti sikat, pasta gigi dan juga gelas disediakan. Lalu setiap sebulan sekali dicek apakah sudah menyikat gigi dengan benar atau belum.

Sedangkan untuk program Pusling, disediakan 3 mobil Pusling gigi yang nantinya setiap 2 kali seminggu memeriksa kondisi gigi anak-anak SD, seperti kalau ada gigi yang harus dicabut. Pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter gigi dan perawat.

Masalah gigi merupakan salah satu dari 10 penyakit terbesar yang ada di Bangka, yaitu:
1. ISPA
2. Darah tinggi atau hipertensi
3. Penyakit pada sistem otot dan jaringan pengikat
4. Penyakit lain pada saluran pernapasan bagian atas
5. Penyakit kulit alergi
6. Diare
7. Penyakit kulit infeksi
8. Penyakit pulpa dan jaringan periapikal
9. Malaria dan pemeriksaan laboratorium
10. Infeksi penyakit usus lain


ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons