-
-

Wednesday, September 28, 2011

Kampanye Imunisasi Campak Akan Dilakukan Serentak di 17 Provinsi


(Foto: thinkstock)Jakarta, Pada 18 Oktober hingga 18 November mendatang, akan diadakan kampanye imunisasi tambahan campak dan polio serentak di 17 provinsi di Indonesia. Imunisasi tambahan gratis ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan terhadap seluruh bayi dan anak dari penyakit campak serta polio.

Kampanye imunisasi tambahan campak dan polio merupakan kegiatan imunisasi tambahan untuk memberikan imunisasi campak pada anak umur 9-59 bulan dan imunisasi polio pada anak umur 0-59 bulan, tanpa melihat status imunisasinya.

"Kampanye ini bukan seperti mau pemilu, tapi bulan pelaksanaan imunisasi tambahan yang dilakukan serentak di 17 provinsi untuk campak dan polio," jelas Dr H Andi Muhadir, MPH, Direktur Surveilans, Imunisasi, Karantina dan Kesehatan Matra Kemenkes RI, saat acara jumpa pers di Gedung Kemenkes, Jumat (23/9/2011).

17 provinsi tersebut adalah sebagai berikut:

Kalimantan Barat Kalimantan Timur Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan Sulawesi Selatan Sulawesi Barat Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Gorontalo DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Lampung NTB Papua.
Imunisasi akan diberikan di pos-pos Pelayanan Imunisasi yang ditentukan dan diberi tanda khusus yaitu Posyandu, Puskesmas Pembantu, Puskesmas atau sarana kesehatan lainnya.

Imunisasi ini diberikan secara gratis dan setiap bayi boleh mendapatkannya, tak peduli apakah sudah pernah mendapatkan imunisasi lengkap atau imunisasi campak dan polio sebelumnya.

Sejumlah 13.102.589 anak usia 9-59 bulan ditargetkan akan mendapatkan imunisasi tambahan campak dan 15.247.136 anak usia 0-59 bulan akan mendapatkan imunisasi tambahan polio.

Kampanye tahun ini merupakan kampanye tahap tiga dari keseluruhan kampanye yang sudah dilakukan sejak tahun 2009. Kampanye imunisasi tambahan tahap pertama sudah dilakukan pada 10-24 Juni 2009 di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara dan Maluku Utara.

Sedangkan tahap kedua sudah dilaksanakan pada bulan Agustus 2010 di Maluku, Papua Barat, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, NTT dan Banten.

"Semua sudah kita lakukan kampanye imunisasi tambahan, kecuali Yogyakarta, karena di Yogya status imunisasi sudah sangat tinggi," jelas Dr Andi.




mer/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons