-
-

Sunday, September 25, 2011

Belitung Butuh Banyak Dokter Spesialis


Pantai Tanjung Tinggi, Belitung (detikhot) Jakarta, Kabupaten Belitung mengalami kemajuan yang pesat terutama sektor pariwisatanya. Tapi sayangnya masih mengalami kekurangan tenaga kesehatan terutama untuk dokter-dokter spesialis.

"Tenaga medis yang tersedia saat ini untuk dokter spesialis baru 3 yaitu kandungan, anak dan bedah, yang lainnya belum ada," ujar wakil bupati Belitung, Sahani Saleh di kantor bupati Belitung, Selasa (20/9/2011).

Sahani menuturkan meski begitu saat ini ada kemitraan dengan rumah sakit swasta yang mana didalamnya terdapat dokter spesialis, sedangkan untuk perawat disini sudah ada akademi keperawatan.

"Kalau bidan kita bisa tutupi dengan PTT daerah, sedangkan untuk sanitarian masih sangat kurang," ujar dr wiryati husin Kadinkes Belitung.

dr Wiryati menuturkan seharusnya setiap Puskesmas memiliki 2 sanitarian, tapi dari 9 Puskesmas di 5 kecamatan yang ada belum setengahnya yang memiliki sanitarian.

"Selain itu cakupan jamban juga masih rendah, karenanya kami memicu masyarakat untuk membuat jamban sendiri dan bukan disubsidi oleh pemerintah, serta memicu masyrakat untuk malu buang air besar secara sembarangan," ungkapnya.

Sementara itu dr Wiryati menuturkan untuk dokter saat ini bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unpad untuk dokter spesialis bedah, tapi diharapkan bisa memiliki dokter spesialis yang tetap.


ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons