-
-

Monday, September 26, 2011

Menghilangkan Tanda Lahir dengan 'Tanduk Setan'


George (dok: Dailymail)London, George Ashman (5 tahun) lahir dengan memiliki tanda lahir hemangioma yang berwarna merah terang dan ada benjolan pembuluh darah lembut yang abnormal. Untuk menghilangkan tanda lahir berwarna merah itu, dokter sampai harus menanam dua 'tanduk' di dahinya yang terlihat seperti tanduk setan.

Dokter harus menanamkan (implan) 2 jaringan ekspander di bawah kulit yang tujuannya melebarkan kulit di dahi secara bertahap. Setelah kulit dahinya melebar dengan bantuan dua 'tanduk' itu maka dokter bisa mengambil kelebihan kulit di atas tanda merah itu.

Setelah itu dokter tinggal menyambungkan kulit di kiri dan kanan dahi setelah tanduknya dilepas, sehingga dahi si bocah menjadi normal tanpa ada lagi bekas tanda lahir berwarna merah yang semula sangat mengganggu.

George menerima implan tanduk di kedua sisi kepalanya itu selama 4 bulan. Sang ibu, Karen, memang berniat mengoperasi tanda lahir di dahi anaknya karena khawatir anaknya akan di bullying seumur hidupnya gara-gara tanda lahir itu.

Untuk melakukan operasi penghilangan tanda lahir itu, George yang lahir tahun 2006, direkomendasikan ke Great Ormond Street Hospital di London pada tahun 2009 untuk mulai menjalani prosedur menghapus pertumbuhan tanda lahir tersebut.





Jalan yang dilakukan dokter adalah menyisipkan 2 buah benda yang bisa digelembungkan di bawah garis rambut di kedua sisi dahinya. Implan yang dimasukkan ini berfungsi untuk meregangkan kulit yang normal di dahinya saat usianya 4 tahun.

"Ketika pertama kali melihat implan itu saya hanya terdiam, ukurannya lebih besar dari yang saya bayangkan dan tepat di kedua sisi kepala, sehingga wajah bayi saya yang lucu terlihat seperti ada tanduk setannya," ujar Karen, sang ibu yang tinggal di Radstock, Somerset Inggris seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (22/9/2011).

Selama 4 bulan implan tersebut tertanam dan secara bertahap kulitnya bertambah lebar dengan adanya cairan tubuh alami. Bentangan kulit yang menjadi lebar itu akhirnya bisa diambil di bagian tanda lahirnya sehingga hilang tanda lahirnya.

Karena bentuknya yang seperti tanduk, George pun sempat menjadi sasaran ejekan kejam dari orang yang lewat. Anak-anak sekolah yang melihatnya saat jalan akan tertawa dan menunjuk-nunjuk wajahnya, bahkan ada juga yang menjerit jijik saat melihat wajah George.

"Saya menangis dan sangat emosional karena reaksi orang lain terhadap George, saya merasa semua orang seperti ingin menjauhi kami," ujar Karen yang sudah bercerai dengan sang suami, Lee.

Tapi pada April 2011, George sudah melakukan prosedur untuk menghapus tanda lahir dan implan yang ada. Kini George memiliki kulit baru tanpa cacat di dahinya karena hanya meninggalkan sedikit luka kecil. Ia pun kini bisa mulai sekolah tanpa ada lagi ejekan-ejekan dari teman-temannya.

"Saya bangga George memiliki kekuatan sehingga bisa melalui semua hal itu, dia masih anak kecil tapi ia tidak membiatkan kondisinya dulu menghalangi kegiatannya. Saya akan selalu mencintainya," ujar Karen.



ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons