-
-

Sunday, August 14, 2011

Ajarkan Anak Suka Sayuran Sejak Dalam Kandungan


(Foto: thinkstock)Jakarta, Orangtua kadang merasa kesulitan dan pusing dengan perilaku anaknya yang tidak suka makan sayuran. Untuk itu ajarkan anak untuk menyukai sayuran sejak ia masih dalam kandungan.

Penelitian yang dilakukan oleh Monell Chemical Senses Center menemukan makanan yang dikonsumsi ibu saat hamil bisa mempengaruhi langit-langit mulut bayi dan memberinya kenangan mengenai rasa makanan sebelum ia dilahirkan.

Studi ini menemukan bahwa apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil memberikan preferensi mengenai pola makan bayi dikemudian hari. Hal ini karena saat di rahim, bayi dikelilingi dan dijaga oleh cairan ketuban yang dipenuhi dengan berbagai rasa makanan yang telah dikonsumsi oleh ibu hamil.

"Hal-hal seperti vanili, wortel, bawang putih dan beberapa rasa lainnya telah terbukti bisa terkirim ke cairan ketuban atau air susu ibu," ujar Julie Mennella, peneliti dari Monell Chemical Senses Center, seperti dikutip dari ABCNews, Rabu (10/8/2011).

Umumnya bayi akan memiliki berbagai rasa pada cairan ketubannya sehingga membentuk kenangan tersediri dari rasa bahkan sebelum ia dilahirkan. Kenangan-kenangan ini yang nanti membantu preferensi makanan bayi dalam kehidupannya. Misalnya, jika ibu hamil mengonsumsi brokoli maka nantinya si anak akan lebih mudah menyukai brokoli.

Kondisi ini merupakan paparan awal untuk rasa bagi anak sebelum ia dilahirkan. Namun setelah anak lahir tetap perlu diberikan berbagai rasa sayuran untuk menguatkan kembali kenangan yang sudah ada dan membantunya mengenali berbagai macam rasa.

Para peneliti mengatakan hasil studi ini membantu menjelaskan mengapa anak-anak dari keluarga yang kaya menu akan lebih mudah menikmati beragam makanan dibanding dengan keluarga yang hanya mengonsumsi selai kacang atau nugget.

Untuk itu bagi orangtua yang ingin anaknya mengonsumsi berbagai macam makanan sehat seperti sayuran dan buah, maka ibu harus mulai memperkenalkan segala macam rasa sehat ini sejak dini seperti di dalam kandungan.


ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons