-

Sunday, August 14, 2011

Pisang Jadi Pengganti Elektrolit untuk Balita yang Diare


(Foto: thinkstock)Jakarta, Balita sangat rentan mengalami diare. Bila tidak ditangani, diare pada balita bisa menyebabkan dehidrasi dan masalah buruk lainnya. Pisang bisa menjadi salah satu obat untuk menggantikan elektrolit pada balita yang diare.

Komplikasi utama kebanyakan bentuk diare adalah risiko dehidrasi. Tawarkan anak cairan bening seperti air, jus anggur dan kaldu agar tubuh tetap terhidrasi. Diare juga dapat menguras elektrolit tubuh, sehingga tawarkan minuman atau makanan yang dapat menggantikan elektrolit, seperti pisang.

Pisang kaya akan kalium yang merupakan salah satu jenis elektrolit. Kadar kalium anak mungkin menurun jika mengalami diare, terutama bila diare berlangsung beberapa hari, seperti dilansir Livestrong, Rabu (10/8/2011).

Pisang memiliki keuntungan memiliki kalium lebih tinggi dibandingkan makanan dan minuman elektrolit yang dirancang untuk balita. Selain itu, pisang juga mengandung prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri usus baik probiotik.

Jika Anda tidak mau langsung makan pisang, cobalah cara lain untuk mengolahnya, seperti membuat jus atau diberi sedikit madu.

Satu buah pisang ukuran sedang mengandung lebih dari 300 mg kalium, menurut Colorado State University Extension. Namun pisang bukan satu-satunya sumber kalium. Sumber kalium lainnya misalnya alpukat dan yoghurt.

Namun jika diare anak tidak membaik dalam beberapa hari, maka segeralah hubungi dokter.




mer/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons