-
-

Monday, August 15, 2011

Trik Mengurangi Efek Penarikan dari Kecanduan Kafein


(Foto: thinkstock)Jakarta, Semua orang tahu bahwa kafein bisa menimbulkan kecanduan. Karenanya jika seseorang ingin mengurangi kadar kafein yang dikonsumsi akan muncul efek penarikan (withdrawal). Bagaimana mengurangi efek tersebut?

Saat ini kopi tengah menjadi minuman penting bagi orang yang aktif untuk mengurangi stres dan tekanan pekerjaan. Nantinya orang-orang ini akan menjadi pecandu dan butuh asupan kafein tertentu dalam sehari.

Ketika sudah menjadi seorang pecandu, maka ia akan menghadapi efek penarikan saat berusaha mengurangi atau menghentikan asupan kafein. Hal ini karena kafein bisa merangsang dan memiliki efek langsung pada tubuh serta pikiran.

Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti Johns Hopkins University diketahui inisiasi gejala penarikan kafein akan terjadi dalam waktu 12-24 jam setelah menghentikan atau mengurangi asupan kafein.

Gejala penarikan yang paling berat dirasakan biasanya terjadi dalam waktu 2 hari pertama. Tapi peneliti mengamati bahwa gejala-gejala tersebut secara bertahap akan berkurang antara 2-9 hari.

Gejala yang muncul saat seseorang mengalami efek penarikan seperti rasa lelah sepanjang hari, perut mulas, mudah marah, terjadi gangguan tidur, rasa tidak nyaman di leher, bahu, punggung, perut, tangan dan kaki. sembelit, rasa khawatir dan gelisah, sulit konsentrasi serta pusing atau sakit kepala.

Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala penarikan kafein yang muncul, seperti dikutip dari Lifemojo, Rabu (10/8/2011) yaitu:

1. Jangan berhenti secara tiba-tiba terutama bagi konsumen kafein berat, karena hanya akan memperburuk gejala penarikan yang muncul.
2. Carilah minuman pengganti yang lebih sehat, misalnya dengan minum kopi tanpa kafein, jus buah atau teh hijau. Minuman ini lebih menyehatkan dan memberikan manfat lebih bagi tubuh.
3. Carilah dukungan dari keluarga dan teman, seperti halnya mengatasi kecanduan lain, mengurangi kafein juga bisa membuat seseorang sedikit mudah marah atau tertekan. Untuk itu mintalah bantuan dan dukungan dari orang sekitar agar bisa melewati masa-masa penarikan.
4. Berlatihlah teknik pernapasan yoga, peneliti dari Svyasa University mengungkapkan bahwa teknik pernapasan yoga bisa meniru pengaruh dari kafein pada sistem tubuh. Manfaat yang didapat seperti menyeimbangkan pembuluh darah yang meradang sehingga memebrikan solusi alami untuk sakit kepala akibat penarikan kafein.
5. Mengganti waktu minum kopi dengan mengonsumsi buah, secara alami buah ini juga membantu meningkatkan energi dan sumber gula secara alami, serta manfaat lainnya.


ver/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons