-
-

Monday, August 15, 2011

Makanan yang Diberi Rempah-rempah Bisa Kurangi Efek Lemak


(Foto: thinkstock)Jakarta, Hampir semua makanan berlemak mengandung kolesterol jahat yang buruk bagi tubuh. Dengan menambahkan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis ternyata dapat mengurangi dampak negatif lemak yang masuk ke tubuh.

"Makan berlemak terlalu sering akan membuat kadar trigliserida (kolesterol jahat) menjadi terlalu banyak sehingga risiko penyakit jantung meningkat. Kami menemukan bahwa dengan menambahkan rempah-rempah dalam makanan tinggi lemak dapat mengurangi trigliserida sekitar 30 persen dibandingkan makanan yang sama namun tanpa rempah-rempah," kata Sheila West, peneliti Penn State University seperti dikutip esciencenews.com, Kamis (11/8/2011).

Untuk membuktikan hal tersebut, West dan timnya memberikan makanan selama 2 hari kepada 6 pria berusia 30-65 tahun yang mengalami obesitas namun sehat. Peneliti lalu menambahkan 2 sendok makan rempah-rempah kuliner ke dalam makanan yang hendak diteliti. Pada kelompok lain makanannya tidak ditambahkan rempah-rempah. Setelah itu darah dari partisipan diambil setiap 30 menit selama tiga jam.

"Dalam makanan berbumbu kami menggunakan rosemary, oregano, kayu manis, kunyit, lada hitam, cengkeh, bawang putih bubuk dan paprika. Kami memilih rempah-rempah ini karena mereka mempunyai aktivitas antioksidan yang kuat," kata Ann Skulas-Ray, salah satu peneliti.

Ketika makan makanan dengan campuran rempah-rempah antioksidan, didaptkan hasil aktivitas antioksidan dalam darah meningkat sebesar 13 persen dan respons insulin menurun sekitar 20 persen.

Menurut West, banyak ilmuwan berpikir bahwa tekanan oksidatif berkontribusi untuk penyakit jantung, arthritis dan diabetes. Tapi antioksidan seperti rempah-rempah penting untuk mengurangi tekanan oksidatif sehingga mengurangi risiko penyakit kronis.

Ia menambahkan bahwa dosis rempah-rempah yang digunakan setara dengan antioksidan yang terkandung dalam 5 ons anggur merah atau 1,4 ons coklat hitam.

Skulas-Ray mencatat bahwa menambahkan 2 sendok makan rempah-rempah dalam makanan tidak akan menyebabkan sakit perut. "Mereka menikmati makanan dan tidak memiliki masalah pencernaan. Tapi para peserta diberitahu sebelumnya bahwa mereka akan makan makanan yang dibumbui dan mereka bersedia untuk melakukannya," ungkapnya.

Penelitian ini dimuat dalam Journal of Nutrition edisi terbaru dan didukung oleh McCormick Science Institute dan National Institute of Health di Amerika Serikat.


ir/ir) detikhealth.com

-

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | fantastic sams coupons